Yuk Sarapan Praktis, Halal dan Thayyib Dengan Energen

“Glukosa yang didapat saat sarapan adalah sumber energi bagi otak dan tubuh. Melewatkan sarapan pagi dapat menyebabkan kekurangan glukosa, dalam jangka panjang hal ini dapat menghambat pertumbuhan” Dr. Ulul Albab SpOG - Ikatan Dokter Indonesia


Assalamu’alaikum mantemaan...

Suka ada yang kayak saya gak sih? Belanja bulanan itu yang paling diutamakan adalah belanja buat stok sarapan dan bekal bocah? Iyaa beneran deh, sarapan dan bekal – yang memang biasanya satu jenis biar irit hahaha – ini menduduki peringkat paling atas. Sarapan itu wajib kalo di rumah, dan yang jelas harus sebelum jam 9. Menunya bervariasi biar gak bosen, dan kudunya yang sehat dan nutrisinya lengkap. Makanya jadi prioritas belanjanya ya bahan buat variasi si sarapan ini.

Namapun bocah ya, kalo sarapan – apalagi sarapan sehat – kudu pake trik khusus biar mau makan atau minum. Bawaannya pengen buru-buru berangkat sekolah dan selalu ribet dengan isi tas serta bajunya – padahal udah disiapin sejak semalem, tetep aja riweuh -.-“. Ehm, anak cewek pula ya, 10 menit aja nih di kamar mandi, trus 10 menit berikutnya abis di depan cermin, padahal ujung-ujungnya cuma pake bedak dan rambutnya ditutup jilbab hihihi. Jadi jangan heran kalau suasana pagi itu didominasi sama suara saya yang mendadak 5 oktaf – sambil masak sarapan dan bekal mereka, pleus buat bapake dan si bontot. Emak mencukupkan diri dengan secangkir kopi aja lanjut mie instant kalo udah pada berangkat.


Sarapan  anak-anak itu gak susah sih sebenarnya. Mereka termasuk anak-anak yang gampang makan apa saja, atau minum apa saja. Selalu saya usahakan untuk memasak sendiri makanan mereka, dan diusahakan juga sesehat mungkin. Standar dan simpel banget lah, misal pancake, nasi goreng telor ceplok, nasi putih plus nugget dan sayur, atau sekedar segelas jus, di-lep semua. Yang penting nutrisinya terpenuhi. Dan seperti kebiasaan mama saya dulu, khusus sarapan pagi itu kudu disuapin. Gapapa lah ya, mumpung masih mau disuapin ini haha.. Mama saya selalu bilang, sarapan is a must. Biar di sekolah gak gampang lemes, bisa fokus sama pelajaran dan gak ngantuk atau gak konsen nunggu-nunggu waktu istirahat untuk jajan. Jadilah si sarapan ini menjadi begitu istimewa perlakuannya.


Kalo ada yang nanya, pernah gak sih bangunnya kesiangan dan gak sempat bebikinan sarapan buat bocah? Jawabannya seriiing hahaha... tapi biasanya sih saya terselamatkan dengan nasi yang sudah saya masak di malam sebelumnya dan stok nugget atau telur di kulkas, tinggal goreng. Tapi sering juga sih gak ada nasi. Kehabisan dan lupa masak... zzz..zzz...

Nah, untuk alasan itu lah saya stok Energen di rumah. Iyaa, Energen, sudah tentu selain halal (alhamdulillah Halal MUI ya temans), enak dan praktis karena tinggal seduh, dan dalam satu sajian Energen semua kebutuhan anak insyaaAllah terpenuhi dengan kandungan susu, sereal, serta malt yg bergizi sehingga anak-anak bisa berkonsentrasi dalam menjalankan kegiatannya. Tuhhh lengkap kaaan, jadi gak hanya susu, tapi ada serealnya juga yang bikin kenyaang hehe, gak gampang lemes nunggu jam istirahat, konsen belajarnya dan anak ceria dan berprestasi, insyaaAllah ^^.



Stoknya saya sesuaikan dengan selera anak-anak. Seringnya sih yang rasa cokelat ya. Ini pas habis dong stoknya, tinggal vanilla yang rasanya gak kalah enak. Praktis, dalam satu gelas, nutrisi lengkap masuk. Gak salah kalo Energen terkenal dengan slogan “Minum Makanan Bergizi”. Kenyangnya juga pas dong. Gak berlebihan dan gak sampe kekenyangan sampe bikin eneg.

“Anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).


So, manteman jangan biarkan anak-anak melewatkan sarapan sehat, halal dan thayyib ya, karena ini penting banget buat pertumbuhan anak-anak. Bukankah Islam sudah memerintahkan kita untuk makan makanan yang sehat lagi halal?

“Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang thoyyib (yang baik), dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al -Mu’minun: 51).


Wassalamu’alaikum...

Comments

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

Popular Posts