Garih Batanak



Assalamu’alaikum manteman ^^

Pernah gak sih kalo pas tanggal di kalender memasuki kepala 2, ada beberapa kita yang berucap “Tanggal tua nih, lagi prihatin, makan ikan asin aja yah!" Saya dulu gitu loh hahaha... padahal ya kalo mikir aja sih ikan asin itu jauh lebih mahal lho dibanding ikan segar, apalagi ikan asin yang dagingnya tebal dan warnanya kuning cerah, wanginya pun menggugah selera, hmm denger harganya bikin saya mlipir gak jadi beli atau beli aja tapi gak banyak hahaha...

Kakak saya yang bermukim di Kotabaru seringkali menjadikan ikan asin tengiri sebagai oleh-oleh kalau pulang ke Tanjung atau berkunjung ke Jakarta, ke rumah kakak saya yang lain. Ikan asin tengiri  di sana memang agak miring harganya, secara ikan segarnya juga lumayan miring kalo dibandingkan di Tanjung, yang jauh dari laut. Bukan hanya ikan asin tengiri, tapi juga kerupuk tengiri dan amplang tengiri yang maasyaaAllah enak banget itu.

Saya termasuk orang yang jarang beli ikan asin, karena selain mahal, anggota keluarga saya gak terlalu suka ikan asin. Padahal saya penggemar berat ikan asin, apalagi makannya pake cacapan mangga muda atau disambelin, hmmm boros nasi banget!

Ini ikan asin sapat yang disajikan dengan cacapan mangga muda dan irisan bawang serta cabe rawit, hmm kebayang gak sih?

Ikan asin telang yang disambelin - jadinya sambel iwak telang, maasyaaAllah... *cleguk...

Punya stok sisa ikan asin tengiri di kulkas yang lama gak ditengok, akhirnya saya keluarin dan olah tadi siang. Tetiba kangen dengan masakan yang satu ini. Mama saya dulu sering bikin, dan dijamin nasi semejikom bakal habis dalam sekejap kalau mama masak ini hihihi...

Saya bikin versi kuahnya kental ya, dengan bumbu yang dihaluskan semua. Umumnya sih bumbu masakan ini hanya dirajang ya, tapi rasanya kali ini pengen rada rajin, pake blender *halaaahhh. Trus kalo ada sih pake irisan belimbing wuluh yaa. Nah saya gak punya . Truuusss telurnya biasanya pake telur bebek , tapi saya pake telur ayam saja.. So, seadanya aja, okeh? Rasanya gimana? Enaaak maasyaaAllah!


Garih Batanak (Ikan Asin Masak Santan)

-200 gram ikan asin tengiri (bisa pake ikan asin haruan, telang, apa aja yang berdaging tebal), rendam air panas selama kurang lebih 15 menit, tiriskan, potong-potong kotak)
-4 butir telur ayam

Bumbu halus :
-8 butir bawang merah
-5 butir bawang putih
-3 butir kemiri
-2 ruas jari kunyit

1 batang serai, geprek
Cabe rawit
Santan kekentalan sedang

Dalam panci, letakkan potongan ikan asin, bumbu halus dan serai, tuang santan

Nyalakan api sedang, masak sampai mendidih, masukkan cabe rawit, masak lagi sampai benar-benar harum dan matang.
Pecahkan telur ayam ke dalam kuah yang mendidih (masih dengan api sedang saja), tutup panci, biarkan sampai telur matang.


Sajikan segera dengan nasi hangat. Dijamin nambah-nambah!



Jadi, semoga bermanfaat ya! Wassalamu'alaikum ^^

Comments

Popular Posts