Bakso Kuah dan Minyak Bawang Putih


Assalamu’alaikum…

Sudah Jumat lagi ya teman-teman J almost weekend, pastinya sudah punya rencana buat besok, yes? Gimana kalo bikin bakso? Kebetulan kemarin pak ayah bawain bakso yang sudah jadi dari Semarang, nah yang bikin bakso ini konon adalah yang biasa jual bakso tahu di Semarang. Hanya saja kemarin pas ayah di sana, bakso tahunya lagi gak produksi. Jangan tanya saya kenapa, karena kemungkinan besar akan saya jawab : mungkin dia lelah.

Hmm, resep kuah bakso ini saya dapat dari seorang teman keluarga yang waktu itu mendampingi alm mama ketika beliau masih kritis di rumah sakit. Beliau – yang sering sekali travelling sembari mengemban tugas sebagai terapis ini dulunya mantan pedagang bakso dan mie ayam. Dari beliau saya jadi tahu bumbu bakso itu gak Cuma sekedar bawang putih dan merica jahe saja – zzz…zz…… beliau bilang, yang bikin kuah bakso sedap adalah perpaduan bumbu lengkap dan banyak.


Oke, jadi mari kita praktekkan.

Bakso Kuah – resep si Bapak yang diadaptasi dengan semena-mena oleh saya

Bumbu halus :
-7 siung bawang putih
-5 siung bawang merah

-250 gram tulang sapi
-20 buah bakso daging
-10 siung bawang putih, rajang, goreng kering
-1 ruas jari jahe, memarkan
-1/2 sdt merica bubuk
-1/2 sdt ketumbar bubuk
-daun jeruk purut
-serai
-daun bawang
-seledri
-garam
-kaldu bubuk - boleh diskip kalau tidak suka
-1,5 liter air
-5 sdm minyak untuk menumis – saya pakai minyak bawang putih

Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum
Masukkan jahe, merica bubuk, ketumbar bubuk, daun jeruk dan serai, aduk
Tuang air, masukkan tulang sapi
Tunggu mendidih, tutup panci, biarkan mendidih dengan api kecil selama 45 menit
Masukkan garam, bakso, bawang putih goreng, daun bawang dan seledri, biarkan mendidih sebentar, matikan api. 

Sajikan hangat dengan mie telor atau soun, beserta sambel, saus, kecap, dan kucuran jeruk nipis. Disajikan begitu saja? Enak juga kakaaaak! Kalau saya memang lebih suka bakso atau soto gak pake kecap atau saus -- kalau memang sudah enak, kenapa mesti ada tambahan kecap dan saus? Betul?

Bakso Bang Kumis? Lewat! Lewat doang...

Minyak Bawang Putih


Minyak bawang putih saya buat dengan menghaluskan 5 buah kemiri, 200 gram bawang putih tumbuk kasar, campur dengan 500mL minyak goreng atau minyak sayur, simpan dalam wadah kedap udara, diamkan minimal semalaman sebelum dipakai. Minyak akan tahan sampai sebulan lebih asal bawang dan kemiri yang dipakai bersih dan tidak dalam keadaan basah ya. Minyak ini biasa saya pakai untuk bikin mie goreng, nasi goreng, atau tumisan. Wanginya itu… sedap!!

Minyak Bawang Putih

Baiklah, happy weekend, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum :)

Comments

  1. lah bumbu lengkap ya ternyata? kyk bumbu soto dong minus kunyit, kupikir juga cuma bawang, merica, jahe aja hahahaha. cobain aaaah, termasuk minyak bawang putih itu. pernahnya bikin garlic oil versi italia yang cuma direndem pake olive oil

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Ki, aku juga gitu dulu bikin kuah bakso, ternyata bumbu lengkap gini juga enak kok, mirip soto hanya lebih ringan. cobain deeeeh enaaaak kakaaaak

      Delete

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

Popular Posts