Eggless Pandan Roll Bread



Assalamu’alaikum ^^

Pa kabar mantemaaan? Semoga semua dalam keadaan baik-baik saja dan sehat yaaa... aamiin. Qodarullah si saya sedang flu berat, kepala berat, idung panas, sentrup sentrup nyam nyam *opojal*. Heuuu alhamdulillah alaa kulli haal.



Baiklah, postingnya ngebut aja yaa. Ini cemilan bocah kemarin sore, roti yang kali ini saya bikin tanpa telur karena sekarang mulai mengurangi konsumsi telur juga buat Gaza, ya. Nah ini kedua kali saya bikin yang tanpa telur, dengan metode sama persis dengan Killer Soft Bread yang pernah saya bikin, sekali proofing saja, dan hasilnya maasyaaAllah, lembut dan gak kalah enak dengan yang pake telur! Saya bikin ini pake pasta pandan, kalo manteman gak punya pasta pandan, bisa pake jus daun suji yang dicampur di susu, atau kalo gak pake juga gak apa-apa yaa, tetep enak banget kok. Dan isiannya juga boleh pake apa aja. Gak pake isi? Enak jugaaaa.  So, cekidot yaa ini resepnya.



Eggless Pandan Roll Bread
(Modifikasi dari resep KSB)

2 cup terigu
1 sdt ragi instant (saya fermipan)
½ cup susu hangat (bisa ditambah kalau adonan agak kering atau kurang air)
1 sdm margarin / butter
3 sdm gula pasir
2-3 tetes pasta pandan
1 sdt susu cair untuk mengoles

Isi :
2 sdm dulce de leche
2 sdm kacang tanah halus yang dicampur dengan gula pasir
Chocochips secukupnya

Dalam mangkuk, campur susu hangat, gula pasir dan fermipan, biarkan 5-10 menit sampai muncul buih. Tambahkan pasta pandan, aduk rata denga sendok kayu.

Masukkan tepung terigu, aduk mengunakan sendok kayu sampai rata. Tambahkan margarin atau butter dan garam, aduk lagi dengan sendok kayu.

Pindahkan adonan ke meja, uleni hingga kalis elastis.

Tipiskan adonan dengan rolling pin, olesi dengan dulche de leche.
Taburi kacang sampai merata. Taburi chocochips.

Gulung sambil dipadatkan. Potong-potong, susun di loyang diameter 20 cm yang sudah bersemir margarin.

Biarkan 1-2 jam sampai mengembang 2 kali lipat, tutup dengan serbet bersih. Olesi dengan susu, panggang di oven bersuhu 190’ sampai matang.

Sajikan hangat.



So, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan wassalamu'alaikum ^^

Comments

Popular Posts