Fried Spicy Chicken Wings



Assalamu’alaikum J

Apa kabaaaarrrr mantemaaaaan? Seneng ya hari Minggu, pagi-pagi gak grasa grusu nyiapin sarapan dan bekal buat yang sekolah, trus bikin sarapan juga bisa entar-entaran, gegoleran dulu, ceki ceki notif di medsos dulu, baca tausiyah di telegram dulu, yaah itung-itung sesekali sarapan batin walo sebentar. Abis ituuuu boleh lah ngibrit ke dapur dan bikin indomi, hahahaha... gak tiap hari kan kakaaak.

Trus pagi tadi sempet ke pasar ditemenin pak ayah dan si Bontot sembari nganter tiket ke langganan pak ayah. Beliau baru pulang dari kampungnya, dan dapat oleh-oleh terasi dan petis Madura kakaaak, alhamdulillah, yaaah :D

Beberapa hari kemarin, bocah rikwes ayam. Terserah aja mau dimasak apa, yang penting ayam ya maaa, katanya. Oh, udah bosen mamam endog ya nak, ahahahaha... baiklah, kita beli ayam hari ini yes. Di pasar, seperti biasa, mata begitu lapar dengan sejuta macam dagangan, mengingat kulkas memang sedang kosong, saya belanja beberapa macam sayur dan lauk cukup buat yaah seminggu ke depan deh.

Namapun buibu yah, yang tadinya berencana beli ini aja, jadi beli-beli ini itu aja (((aja))). Yang tadinya mau duitnya biar cukup buat ntar pas pulang dari pasar beli es kelapa muda, eh akhirnya berlalu begitu saja di depan warung es kelapa muda, ahahaha... Sepertinya para pedagang sedang bersepakat berkoalisi menaikkan harga sembako, bawang merah bawang putih harganya melejit naik kakak, belum lagi ikan lele, belum lagi ayam, sayur, minyak goreng, telur, aaah. Gak usah dibahas deh, bikin nyesek -_-.



Daaan akhirnya menu hari ini jatuh kepada fried spicy chicken wings ini. Kenapa fried? Karena kalo pake acara manggang lama kak, sementara mata si anak bocah sudah meyiratkan kelaparan, yasud, goreng aja yes. Resepnya diadaptasi dari resep mbak Endang Just Try and Taste. Dan ini aslik enaaak banget, kebetulan beberapa bahannya saya punya dan ah, jangan lupa, sediakan sambel yang super duper endes untuk si ayam, nasi semagic com habis dalam sekejabh! Gak percaya? Yukkk bikin!

Ini sayap ayam yang sudah diungkep, siap digoreng ^_^

Fried Spicy Chicken Wings
Diadaptasi dari resep Just Try and Taste
Bahan:
- 500 gram chicken wings

Bumbu:
- 5 butir bawang putih dihaluskan
- 1 sendok teh cabe bubuk
- 1 1/2 sendok makan tepung maizena (gak pake)
- 2 1/2  sendok makan madu
- 2 sendok makan kecap manis
- 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh merica hitam butiran tumbuk kasar (saya pakai lada putih bubuk)
- 1 sendok teh kunyit bubuk ( saya pakai 2 ruas kunyit segar)
- 2 sendok teh ketumbar bubuk
- 1 ruas jahe, diparut
- 1/2 sendok teh garam
- 200 ml air 

Siapkan sayap ayam, beri 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis, remas-remas hingga sayap menjadi kesat dan bersih. Cuci bersih dan tiriskan hingga air benar-benar habis.

Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu, aduk hingga rata. Cicipi bumbu, jika kurang asin tambahkan garam. Masukkan potongan sayap ayam ke dalam bumbu. Aduk hingga semua bumbu melumuri permukaan sayap ayam. Tutup mangkuk dengan plastic wrap dan simpan di kulkas minimal 2 jam paling bagus selama semalam. Saya sih sebentar saja, laper kak.

Siapkan wajan, masukkan sayap ayam berbumbu ke dalamnya. Tambahkan air, masak dengan api sedang  sambil diaduk-aduk hingga air habis.
Goreng dalam minyak banyak dan panas, sajikan hangat dengan sambal.


Jadiii selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya... Wassalamu alaikum ;)

Comments

Popular Posts