Ayam Tahu Saus Teriyaki



Assalamu’alaikum mateman...

Apa kabaar semuaaa? Semoga semua dalam keadaan sehat yaa, dalam kebaikan dan keberkahan dari Allah, aamiin. Qodarullah, si saya lagi tepar, kepala nyut-nyutan dari kemarin, akhirnya terjawab sudah kenapa. Apa lagi kalau bukan PMS. Kebiasaan saya memang gak mencatat period terakhir, jadi suka gak ngeh kalau saya drop itu gegara PMS. Saya pikir hanya kecapekan. Sekarang jadi lengkap yes, kepala berat, tenggorokan gatal daan badan yang remuk redam membahana merasuk kalbu. Alhamdulillah alaa kulli haal. Semoga menjadi penggugur dosa yang menggunung itu. Aamiin.


Quick post aja yaa. Ini resep beberapa hari yang lalu. PR dari seorang teman untuk produk homemade-nya ini sempat bikin saya bimbang mau masak apaan hihi... yasudahlah, masak yang gampil-gampil aja yaa.

Kali ini saya memilih saus teriyaki untuk dicoba, karena jujur, belum pernah tahu rasanya kayak apa. Kenapa? Horor aja gitu bebelian saus macem-macem. Di rumah sih ada saus, tapi ya saus tomat sama saus sambal aja. Selebihnya, macam saus tiram, saus barbeque segala macem itu bisa dihitung dengan jari saya membelinya. Kebetulan dikasih tester, dan masyaaAllah sekalinya dikasih dapet yang uenak. Alhamdulillah ^^




Ayam - Tahu Saus Teriyaki


1 ekor ayam ukuran sedang, potong-potong sesuai selera, cuci bersih.
3 buah tahu, potong-potong dadu.
2 sdm saus teriyaki
1 sdm saus barbeque
1 sdm kecap manis
1/2 buah bawang bombay, iris tipis
2 batang daun bawang, iris menyerong
1 sdt merica bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
Garam gula secukupnya (sausnya sudah menyumbang rasa yaa jadi hati2 memberi gula dan garam)

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe

Goreng sebentar ayam dan tahu asal berkulit saja.
Panaskan sedikit minyak sisa menggoreng ayam, tumis bumbu halus sampai harum.
Masukkan bawang bombay, garam gula merica dan ketumbar. Aduk lagi.
Masukkan saus dan kecap, aduk rata.
Tambahkan air, masak sampai mendidih.
Masukkan potongan ayam dan tahu, aduk rata, kecilkan api, biarkan mendidih sampai kuah agak menyusut.
Menjelang mematikan api, masukkan daun bawang.
Sajikan hangat.
Kalau mau pedes, silakan pake cabe rawit.
Enak!



Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yaa. Wassalamu'alaikum ^^

Comments

Popular Posts