Banana Cake



Assalamu’alaikum manteman, selamat paaagi!

Mumpung kerjaan udah ‘sedikit’ beres, PR motret juga sudah selesai dan next PR masih on the way *halah halaah*, jadi ngeblog aja dulu yaa. Btw, kemarin Kiki bawa kabar gembira, katanya eh katanya bulan depan bakal ada sesuwatu di Banjarmasin yang selama 13 purnama kita  rencanain tapi masih pending aja. MasyaaAllah, can’t wait. Mudah-mudahan berjalan sesuai harap, allahumma aamiin.

Nah sekarang bahas resep. Banana cake ini selalu ada dalam list kalau si saya punya banyaaak pisang yang mateng banget. Biasa ya namapun emak-emak lihat orang jualan pisang masih di mobil pick up yang artinya pasti murah banget itu, akhirnya beli banyak deh. Nah ini salah satu alternatif yang bisa buat bekal sekolah juga loh. Anak-anak seneng banget kalo bekalnya si banana cake ini. Bisa juga dibikin pake cupcase dan pake cetakan muffin – dan jadinya banana muffin yaa, lebih praktis kalo buat bekal, gak usah iris-iris lagi. Bisa pake topping chocochips, almond atau keju kayak punya saya. Suka-suka pokoknya.


Baiklah, ini dia resepnya.

SOFT & MOIST BANANA CAKE
(Sumber : Catatan Nina @bundnina_ Matur suwun bunda!)

1/2 cup (115 gr) butter - saya pake margarin
1 cup (225 gr) gula - saya pake 3/4 cup aja
2 butir telur
1/2 sdt vanilla
2 1/4 cup(250 gr) tepung terigu protein sedang / rendah - saya pake 2 cup
1/2 sdt soda kue - saya pake BP double action
1 cup pisang - saya pake 3 pisang hancurkan dengan garpu
1/4 cup (62,5 ml) buttermilk - saya pake susu yang dicampur 2 sdt air jeruk nipis (bisa juga pakai yoghurt )

- Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang diameter 20 cm, oles margarin dan alasi kertas roti (saya pakai loyang tulban, dioles margarin dan diberi taburan terigu).
- Campur dan ayak, tepung terigu dan soda kue. Sisihkan.
- Kocok butter dan gula hingga lembut. Tambahkan vanilla dan telur satu persatu, kocok hingga rata.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata. Jangan overmix ya. - Masukkan pisang dan buttermilk. Aduk rata.
 - Tuang ke dalam loyang dan panggang hingga matang. Lakukan test tusuk.
- Angkat dan biarkan hangat baru dipotong-potong .




Gampil kan ya? yuk dicobain. Semoga bermanfaat yaa. Wassalamu'alaikum ^^

Comments

Popular Posts