Pancake



Assalamu’alaikum...

Mumpung bocah tidur, ngeblog sebentar yes. Kalo pagi, suka bingung gak sih mau bikin apa buat sarapan dan bekal bocah? Saya iya. Suka lemot kalo pagi. Ujung-ujungnya beli nasi kuning atau rebus indomi huahaha. Nah, kalo pas lagi ‘konek’ saya suka bebikinan juga kok. Kadang roti yang dibikin semalem, saya bikin french toast. Atau kalo pas tepung banyak dan lumayan ada waktu, bikin pancake atau waffle juga oke.



Nah, saya akan share beberapa resep gampil buat sarapan deh. Kali ini pancake yang lembut banget ini. Sebenernya sih suka-suka aja ya campurannya. Buat saya kunci pancake itu bisa lembut, selain pake baking powder double action, juga saya pake buttermilk. Iyaa buttermilk. Kalo gak ada yang jual buttermilk gimana dong? Bikin sendiri! Cara bikinnya gampang kok. 1 cup susu, campur dengan 1 sdt air jeruk nipis atau cuka, diamkan 5-10 menitan lah. Trus siap digunakan. Gampil dan bikin endes! Gak percaya? Yuk bikin!

Pancake
(dari berbagai sumber)

2 cup tepung terigu
1 butir telur ukuran besar
1 sdt bpda
3-4 sdm gula pasir atau sesuai selera
2 cup susu cair beri 1-2 sdt perasan jeruk nipis atau cuka masak
1/2 sdt garam
1 sdm margarin, cairkan

Campur dan aduk rata semua bahan di mangkuk, biarkan 10-15 menit.
Panaskan pan anti lengket.
Tuang 1 sendok sayur adonan. Tunggu sampai tepinya mengering dan muncul gelembung di permukaan - jangan sampai kering semua ya.
Balik pancake.
Biarkan matang.
Lakukan sampai adonan habis.
Sajikan hangat dengan toping suka suka.

Saya pake gula halus dan dried blueberry. Bisa pake susu kental manis cokelat, atau saus karamel, atau dulce, ataaau eskriiim vanilla... Uennaak!




Nah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya! Wassalamu’alaikum ^^

Comments

Popular Posts