Cumi Asin Tumis Pedas

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh...

Ada yang suka nonton vlog masak gak sih? Ini kebiasaan baru saya kalo semua kerjaan udah selesai dan waktunya leyeh-leyeh on the bed dengan batre hape terisi penuh dan wifi lantjar jaya. Beberapa di antaranya adalah vlog masak mbak Christina, duh betah deh, sambil ngiler aja lihat dapur beliau yang ketje itu. Nah kapan hari lihat vlog masak cumi asin pedas, maasyaaAllah, saya ngiler sejadi-jadinya. Kebayang banget pas adegan mukbang, antara asin, pedes, asem dan syedap berpadu di setiap suapan, duh mak jaaan tenan.

Sampe kemarin, saya masih belum dapet cumi asin. Bukan karena gak ada yang jual, tapi kalo pas ke pasar qodarullah lupa aja gengs, hiks hiks. Sementara hati sangat rindu dengan si cumi asin, akhirnya hanya bisa dipendam dalam-dalam di relung hati yang paling pojok.



Naaah tadi pagi, ponakan saya si Kevin yang baru datang dari traveling sepekannya bawain oleh-oleh dari kakak saya di Kotabaru. Dan tebak apa isinya? Ikan asin tengiri dan CUMI ASIN! Rasanya pengen nangis saking amaze-nya. Cumi asin dambaan dari kapan tau, tiba-tiba terpampang di depan mata saya, duh maka nikmat Rabb manakah yang kudustakan?

Langsung dong eksekusi. Minus cabe ijo, tomat dan pete, tapi udah kepalang ngiler, saya masak aja dengan bahan yang ada di rumah. Kebetulan punya sambel goreng tahu sisa semalem. Masukin aja sekalian biar banyaaak. Oiya tentunya si cumi gak saya abisin dalam sekali masak. Sisanya saya simpan baik-baik di kulkas. Mau bikin juga? Yuk mari. Tapi maafkan fotonya yang seadanya ya gengs. Maklum motret sambil ngiler maksimal ini huahahaha.


CUMI ASIN TUMIS PEDAS

200 gram cumi asin
3 siung bawang putih, rajang
3 siung bawang merah, rajang
20 cabe rawit, potong-potong
10 cabe rawit utuh
2 sdm air asam jawa
½ sdt kaldu bubuk
1 sdt gula pasir
Sisa sambel goreng tahu – optional ya, bisa diganti tahu goreng saja atau pete, duh maknyus

Rendam cumi asin dalam air panas selama 15 menit, bilas dengan air bersih, kalau ada tintanya jangan dibuang ya, potong-potong kalau ukurannya agak besar. Buang bagian tulang rawannya, sisihkan.
Panaskan minyak dalam wajan, tumis duo bawang sampai harum, masukkan cabe rawit utuh dan potongan, aduk
Masukkan air asam jawa, kaldu bubuk dan gula pasir, aduk lagi

Masukkan potongan cumi, sambel goreng tahu dan sedikit air, aduk rata, tutup wajan. Biarkan sampai air agak menyusut. Sajikan hangat dengan nasi hangat.


Sekali lagi maapkan poto seadanya ya manteman hehe... semoga bermanfaat dan wassalamu'alaikum ^^

Comments

Popular Posts