Lemon Cake



Assalamu’alaikum manteman...

Jadi ya punya 4 anak yang semuanya di rumah dan selalu dan selalu kalo ke dapur nyarinya makanan, demi kemaslahatan bersama – baca : gak rewel dan gak nangis kejer atau teriak histeris hanya gara-gara ditatap penuh arti oleh sodaranya sendiri – mamak harus selalu punya cara untuk membuat mereka kenyang. Punya resep cake andalan yang semakin ke sini semakin sering saya obrak abrik menyesuaikan persediaan bahan dan kondisi keuangan (dan utang) negara...

Jadi base resepnya ini adalah resep cake marmer Pak Sahak yang buat saya anti gagal dan selalu berhasil membuat anak-anak menatap mamanya penuh kekaguman sambil bilang “Enak ma!” dengan mulut penuh, tapi gak saya pakein motif marmer (oh yeah saya terlalu males nyuci banyak mangkuk pasca baking emang), kadang pake pandan, cokelat, atau kali ini saya pakein lemon juice dari buah lemon yang udah dari jaman kapan ngendon di kulkas. Enak lho, rasa manis cakenya nyampur sama kecut lemonnya, plus gurih dari margarinnya, wangi lemon zest dan vanillanya, daaan lembut tekstur kuenya, maa syaa Allah, gak bakalan sampe besokannya ni kue...!




LEMON CAKE

5 butir telur ukuran besar
125 gr gula pasir
1 sdt vanilla
150 gr tepung terigu serbaguna
15 gr maizena
15 gr susu bubuk
Air perasan 2 buah lemon
Lemon zest
100 gr margarin, lelehkan dengan 50 gr minyak sayur


- Panaskan oven 180'C, siapkan loyang bolong tengah, olesi margarin dan taburi tepung

- Campur dan ayak tepung terigu, maizena dan susu bubuk.
- Kocok telur, gula pasir, emulsifier, vanilla dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method).
- Campurkan margarin leleh dengan minyak sayur dan air lemon serta lemon zest, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen.
- Tuang ke dalam loyang
- Panggang hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit
- Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
- Angkat, dinginkan di cooling rack, sajikan dengan taburan gula halus atau glaze. Endusss!

So, selamat mencoba dan semoga manfaat ya! Wassalamu'alaikum...

Comments

Popular Posts