Roti Pisang Gula Habang

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..
Kalo salam lengkap seperti di atas, biasanya si saya ngetiknya di hape. Kenapa? Pake hotkey atau autotext huahaha. Tapi gapapa kan yah yaaah, daripada panjang-panjang ngetik tapi trus typo gimana hayo? Padahal saya juara typo kalo pake hape. Jadi dimaklumi kalo chat WA lama banget ngetypenya ya, padahal yang dikirim cuma kalimat “Ho oh ya cucok deh eim...”


Tadi sore bebikinan roti pisang Banjar lagi. Favorit banget ini sih kalo buat cemilan sore. Tinggal bikin teh atau kopi aja, lengkap deh. Dan kalo ngomongin minum teh di sore hari saya selalu ingat sama buku cerita atau novel baheula karangan Enid Blyton macam 5 Sekawan atau Malory Towers tentang tradisi orang Inggris yang selalu minum teh di sore hari, ditemani cemilan berupa biskuit atau kue-kue yang hanya dengan membacanya saja sanggup bikin saya menelan ludah karena ngiler hihi... Siapa yang suka baca novel-novelnya Enid Blyton juga?





Betewe, ada yang nanya gak kalo ini kenapa pake gula merah? Saya lagi pengen dan lagi rajin banget aja sih hahaha, lagi banyak gula merah aja di rumah. Beberapa waktu yang lalu saya bikin roti pisang yang dicampur sama tape singkong. So yeah, eksperimen aja manteman, pake nangka, cempedak, duren, aaahhh yummi pastinya.


Roti Pisang Gula Habang

5 buah pisang yang matang sekali, potong-potong kecil
150 gram tepung terigu
50-60 gram gula habang atau gula merah, sisir
50 gram gula pasir / sesuai selera
1 sdt garam
350 - 400 ml santan
1 butir telur

Panaskan santan sampai mendidih dengan api kecil, masukkan gula merah, biarkan sampai gula merah larut, aduk rata, matikan api. Dinginkan.

Dalam mangkuk campur semua bahan, aduk rata.

Panaskan cetakan kue lumpur atau snack maker , olesi minyak.
Tuang adonan roti pisang, tutup cetakan.
Biarkan matang, balik sebentar sampai kedua sisi kecokelatan.
Angkat, sajikan hangat.

So, silakan dicoba resepnya ya. Semoga bermanfaat dan wassalamu'alaikum ^^

Comments

Popular Posts