Perkedel Kentang


Assalamu’alaikum ^^

Baiklah, sesuai janji saya, hari ini mau posting resep perkedel kentang.

Perkedel di dalam soto buat saya salah satu penentu enak tidaknya si soto. Bener loh, saya gak becanda. Kalo beli soto di warung langganan, saya suka minta tambahin perkedelnya, kalo perlu bayar dobel buat perkedelnya saja. Makannya pake kuah soto saja, maa syaa Allah, juara!

Beberapa orang Banjar – termasuk mama – suka membuat perkedel dengan campuran kentang dengan ubi jalar – mungkin karena kentang mahal yak hihi... kalo saya, bikinnya ya pake kentang saja, karena selain memang jauh lebih lembut, nyarinya juga gak susah. Sedikit tips, bikin perkedel ini kentangnya harus digoreng ya, kalo direbus atau dikukus, biasanya suka gampang ambyar kalo digoreng. Baiklah, ini resepnya yaa.



Perkedel Kentang
(Resep modifikasi dari resep Mama)

1 kg kentang, kupas, potong-potong, goreng sampai kuning keemasan
1 sdm bawang putih halus
1 sdt merica, haluskan
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya (optional)
Seikat seledri, iris tipis
1 telur, pisah kuning dan putihnya

Haluskan kentang di mangkuk, masukkan bumbu, seledri dan kuning telur, aduk rata menggunakan sendok atau spatula.
Ambil adonan secukupnya - saya menggunakan scoop eskrim diameter 2 cm agar semua perkedel sama ukurannya, rapikan dengan tangan, lakukan sampai habis.
Simpan sebentar di dalam lemari es (saya semalaman)
Panaskan minyak goreng, celup bulatan kentang ke putih telur, goreng sampai kekuningan, angkat dan tiriskan.

Sajikan untuk pelengkap soto yang resepnya sudah saya posting di sini.

Semoga bermanfaat yaaa... Wassalamu'alaikum...^^

Comments

  1. Mbak pujii, di deket rumah ibukku ada penjual soto madura, lauknya ada perkedel pake campuran singkong, eh enak bgt loh, teksturnya jd lbh lembut n lengket2 gitu. Ah jd pengen perkedel..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mamaku suka bikin pake singkong kalo gak ubi, kmrn nyarinya susaaah dan kebetulan punya kentang mayan banyak. bikin bumiiil ^^ hihi... eh bikin soto madura gih!

      Delete
  2. Kalo pake singkong,perbandingan antara kentang dan singkong berapa ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

Popular Posts