Sagu Keju


Assalamu’alaikum...

Jadi baiklah, dari kemarin bebikinan segala macem kuker lebaran, semangat bikin, tapi giliran motret malah mager, nulisnya apalagi -_-

Dimulai dari resep sagu keju dulu yaa manteman. Ini salah satu resep andalan saya kalo lebaran. Bikinnya gak terlalu repot, gak kayak nastar yang sejak awal saya sudah lambaikan bendera putih, nyerah! Gak telaten bebikinan yang rapi kayak gitu, yang ada malah berantakan dan gagal. Tapi entahlah kalo besok saya nemu nenas yang cantik *eeaaaa galau.

Nah si sagu keju ini selalu mengingatkan saya waktu pertama kali nyicipin di rumah kakak saya. Saya langsung jatuh cinta dengan tekstur lembutnya, kejunya dan bentuknya yang mungil cantik. Warnanya pun cantik, putih dengan totol kuning dari kejunya. Sampe bela-belain saya bawa pulang ke Tanjung sestoples, yang berakhir si kue jadi serbuk aja dong sampe rumah heuheu. Ya kali teksturnya itu looooh lembuuutttttt bingit.


Resepnya saya adaptasi dari blog favorit yaitu Just Try and Taste. Dengan beberapa modifikasi, akhirnya jadi juga kuenya. Mentega yang tadinya 200 gram, saya kurangi jadi 100 gram saja, gantinya margarin yang tadinya 100 gram saya tambah jadi 200 gram. Teksturnya tetap lembut namun cukup kokoh untuk disusun di stoples huehehe... Saya suka saya sukaaa!

Yuk bikin!

Sagu Keju
(sumber : Just Try And Taste

Bahan I:
- 620 gram tepung sagu
- 5 lembar daun pandan, potong sepanjang 10 cm
- 20 gram susu bubuk full cream merk apapun
- 200 gram keju edam parut  (saya pake cheddar)

Bahan II:
-  100 gram mentega (resep asli 200 gram)
 - 200 gram margarin (resep asli 100 gram)
- 200 gram gula bubuk (resep asli 270 gram)
- 1 sendok teh vanilla essence
- 1/4 sendok teh garam
- 100 ml santan kental instan (saya pakai Kara), resep asli 80 ml

Bahan III:
- 3 butir kuning telur

Siapkan tepung sagu, tuangkan tepung ke wajan, beri daun pandan dan sangrai dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga daun pandan menjadi kering. Angkat dan dinginkan hingga tepung benar-benar dingin.

Siapkan oven, panaskan disuhu 150'C. Alasi permukaan loyang dengan kertas baking atau olesi margarin, sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan semua bahan II, kocok dengan mikser hingga pucat dan mengembang atau lembut. Masukkan bahan III dan lanjutkan mengocok dengan mikser hingga pucat dan mengembang atau lembut. Matikan mikser.

Masukkan bahan I, aduk dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit bentuk bintang atau bunga diujungnya. Gunting ujung plastik dan dorong spuit agar sebagian keluar plastik.

Bisa juga menggunakan spuit yang manual alias ngedorongnya pake jempol yaa kalo teksturnya agak padat.

Semprotkan ke loyang dengan bentuk sesuai selera, lakukan sampai habis.

Panggang di oven sampai matang, dinginkan, masukkan stoples atau wadah kedap udara.


Jadi. selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^ wassalamu'alaikum... 

Comments

Popular Posts