Baked Spagetti



Assalamu’alaikum ^^





Seperti biasa, request bocah yang sedang berpuasa itu laksana perintah buat saya untuk berusaha menuhin permintaan mereka. Yah asal gak minta yang susah-susah aja ya nak, bahannya masih bisa dibeli di warung mbak Sragen di sebelah, hayuk lah. Mintanya spagetti dongs. Gaya amat yaaa si bocah, haha... Akhirnya bikin baked spagetti aja. Resepnya diadaptasi dari blognya mbak Hesti Hakim. Bedanya beliau pake penne, saya pake spagetti. Beliau pake daging sapi, saya pake stok ayam ungkep di kulkas. Rasanya? Kalo liat pinggannya yang bersih tanpa jejak sih, sepertinya enak, ahahaha... tapi emang enak beneran kok kak, ngeju banget. Coba deh, ini resepnya.


Baked Spagetti
Diadaptasi dari resep Baked Penne mbak Hesti Hakim

225 gram spagetti
1 sdm olive oil
Garam
Air untuk merebus

Bahan saus ayam:
3 siung bawang putih, cincang kasar
1 bawang bombay, cincang kasar
2 sdm olive oil
200 gram ayam ungkep, cincang kasar
100 gram sosis ayam, potong-potong
2 buah tomat, potong kotak-kotak kecil
4 sdm saus bolognese
Oregano kering
Air
Merica
Garam dan gula

Bahan saus keju :
300 mL susu cair
1 sdm tepung terigu
2 sdm margarin
75 gram keju cheddar parut
Merica secukupnya

Saus :
Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai layu, masukkan tomat, aduk sampai tomat layu dan agak hancur.
Masukkan ayam dan sosis, aduk rata.
Masukkan air, tunggu sampai agak meresap.
Masukkan saus bolognese, oregano, merica, garam dan gula, aduk rata, sampai mengental, matikan api.

Saus keju :
Panaskan margarin, masukkan tepung terigu, aduk. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil aduk rata,  masukkan merica dan keju parut, aduk sampai rata dan meletup-letup, matikan api.

Didihkan air, masukkan spagetti dan olive oil dan garam, rebus sampai aldente, sisihkan.


Panaskan oven di suhu 190 derajat.
Siapkan pinggan tahan panas, olesi margarin, tata spagetti di dasar pinggan, tuang saus ayam di atasnya, tuang lagi saus keju di atasnya, ratakan. Tambahkan keju parut. Panggang sekitar 30 menit. 

Sajikan hangat.  

Jadi, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ^^ wassalamu'alaikum...

Comments

  1. hai mba Puji, salam kenal
    wah sama donk mba, saya juga sudah mundur dari jagad perfesbukan lebih dari 1 tahun, bosan saya mba dengan postingan aneh-aneh, kadang secara tidak langsung mempengaruhi saya untuk berkomentar, dan biasanya hanya ke suami sih komentarnya... lama2 bosan mba
    jadi saya deactivated tuh akun fb saya yang pribadi, tapi masih ada fb khusus untuk share konten blog aja mba, itu juga hanya saya buka ketika saya buka laptop he he he..
    saya juga uninstall whatsapp, jadi benar2 deh tidak aktif di medsos
    halah malah curhat neh saya... ha ha ha.. baca postingan mba Puji serasa ada teman yang sama

    wah resep ini dulu saya pernah coba mba, memang endes mba... saya pakai penne juga sama persis dengan resep mba Hesti, tapi dulu cobanya sebelum ada blog, jadi ga diposting di blog, sekarang belum pernah buat lagi

    eh btw, saya pengunjung setia blognya mba Puji loh (upps baru beberapa bulan ini aja, ga sengaja mampir, eh keterusan mampir terus)... tuh postingan lama suka saya baca2 juga, he he he.. tapi baru sekarang komen

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi toss dulu gak FBan lagi ^^ bikin lagi yuuuuk, ini recomended banget lah, gampang dan praktis, sebentar aja masaknya. maa syaa Allah makasih ya Monica, udah baca blog saya yang gaje ini hihi... nanti saya mampir yaaaa ^^

      Delete

Post a Comment

Terimakasih yaa sudah mampir dan berkomentar ^^

Popular Posts