Gangan Waluh Besantan



Assalamu'alaikum...

Nyobain aplikasi notepad di hape (laaaah kemana aja kaaaak?). Jadi kalo pas lagi gegoleran bisa sembari nulis apalah apalah. Disimpan dulu di draft, nanti baru diedit lagi di lepi. Semenjak ganti hape, baru ini nginstall aplikasi notepad. Malesnya punya notepad, isinya mesti gak karu-karuan mulai dari corat coret Gaza, tulisan alphabet gak beraturannya Jingga, sampe tulisan PR kakak Una. Pening mamak.

Btw, apa kabar teman-teman? Masih berkabut kah di sana? Di sini masih :( semalem aja kabutnya menyelinap masuk ke dalam rumah, terasa sekali bau dan asapnya, kayak ada yang bakar-bakar di luar trus asapnya masuk aja gitu. Pasang kipas angin pol, biar asapnya kabur. Tetap gak menolong sih sebenernya. Kode keras biar dibeliin AC nih. Giliran bayar listriknya pura-pura lupa hahaha...

Kemarin sempat ada yang share, sudah banyak anak-anak meninggal akibat ISPA. Innalillahi wainna ilaihi roji'un.  Sepertinya sudah cukup drama di negeri ini :( Ah ya Allah sediiiih banget ngebayangin anak-anak dan bayi pada sakit :( Bareng-bareng aja yuk kita berdoa minta diturunkan hujan, karena memang hanya Allah Sebaik-baik Penolong bukan?

Ehm, udahan ya sedihnya, saya yang ngetik jadi berkaca-kaca :(

Ini namanya Gangan Waluh Besantan. Kalo bahasa Indonesianya Sayur Bobor atau Sayur Manis. Sayur manis ini kalo khas Banjar itu pake waluh atau labu merah, biasanya dipakein juga irisan rebung manis, kacang panjang, pucuk waluh dan kol. Karena kemarin persediaan terbatas, saya cuma pake kol, gambas dan baby corn. Uenaaak banget. Favorit anak-anak banget ini. Lauknya cuma pake tempe tahu goreng, atau telur dadar, ataaau kalo pas dompet lagi kenceng bisa lah goreng ikan patin, cocol sambel tomat, huwaaaa ngetik sambil ileran dah nih.

Bumbu sayurnya juga very very simple sekalih : bawang merah dan bawang putih rajang! Di situlah kadang saya merasa senang :p


Malahan ya alm mama bikin sayur ini cuma pake bawang merah iris lho. Sensasi manis bawang merah berbaur dengan gurihnya santan dan legitnya waluh, aaaah gak ada duanya. 

Ini resepnya :


Gangan Waluh Besantan aka Sayur Bobor aka Sayur Manis
(Resep dari alm mama)

Bahan :
-waluh atau labu merah, potong-potong
-kol, potong-potong
-baby corn, iris tipis
-1 buah gambas, kupas, potong-potong
-cabe merah iris tipis
-4-5 siung bawang merah
-2 siung bawang putih (biasanya saya skip - gak pake juga udah enak)
-santan kelapa yang sedang kentalnya, secukupnya
-1 sdm gula pasir
-1 sdt garam

Cara membuat :
-rebus waluh dengan menggunakan tiga perempat panci air biasa atau sekitar 1,5 liter sampai empuk dan air berkurang, masukkan irisan bawang.
-masukkan santan, gambas, kol, baby corn, gula garam, aduk, tunggu sampai mendidih.
-kecilkan api, biarkan mendidih 3 menitan, masukkan irisan cabe.
-matikan api, sajikan hangat bersama tahu tempe atau ikan goreng, dan sambel tomat.

Nah, gampang kan yaaa... Selamat mencoba, semoga bermanfaat yaa :)

Comments

Popular Posts